PROFIL KAMI

REASURANSI DAN HUBUNGAN INTERNASIONAL

Asuransi Raksa Pratikara mendapat dukungan yang kuat dari Munich Re dan Swiss Re, dua reasuradur terbesar di dunia. 
Pada tahun 1993, kami berinisiatif mengusulkan kepada Swiss Re untuk membuat suatu program pelatihan khusus mengenai Manajemen Resiko di Manila. Sejak saat itu, beberapa staf kami telah lulus dan mendapatkan sertifikat dari Swiss Re.

Kami menjadi satu-satunya peserta dari seluruh Asia Pasifik yang mendapat beasiswa Horst K. Jannot dari Munich Re pada tahun 1997, yaitu training selama 3 bulan di Munich, Jerman dan Atlanta, Amerika Serikat. Munich Re hanya memberikan beasiswa tersebut kepada 8 orang dari seluruh penjuru dunia di tahun 1997.

Pembukaan fasilitas pendidikan SITC (Swiss Insurance Training Center) Hong Kong pada bulan Mei 2006 untuk kawasan Asia Pasifik merupakan perwujudan dari ide kami kepada Swiss Re untuk memberikan kontribusi secara langsung terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia yang profesional di bidang industri asuransi.

Reasuradur internasional terkemuka lainnya yang merupakan mitra usaha kami antara lain adalah: 

Hannover Re
Taiping Re
SCOR Re
China Re

Kami juga didukung oleh Reasuradur lokal seperti : 

PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero)
PT. Maskapai Reasuransi Indonesia
PT. Tugu Reasuransi Indonesia

REASURANSI & HUBUNGAN INTERNASIONAL

PELAYANAN & PERKEMBANGAN

 

Asuransi Raksa Pratikara berkembang secara konsisten sejak berdiri tahun 1975 dengan mengutamakan pelayanan kepada nasabah dan kesinambungan usaha, hal ini dibuktikan dengan pengakuan dari majalah Infobank sebagai Peringkat Pertama Perusahaan Asuransi Umum Indonesia tahun 2012 dalam kategori ‘Perusahaan Asuransi Umum Berpremi Bruto Rp. 200 Miliar ke Atas” dan dari majalah lainnya seperti Investor yang menempatkan Asuransi Raksa di peringkat ke -2 dalam Asuransi Umum Terbaik beraset di atas 500 Miliar – 1 Triliun Rupiah.

Pelayanan kami mencakupi 19 kantor di seluruh Indonesia dengan didukung penggunaan Teknologi Informasi yang terkini. Komunikasi antar Cabang dilakukan dengan jaringan on line. Komitmen terhadap mutu pelayanan kepada nasabah dibuktikan dengan upaya kami meningkatkan kualitas pelayanan secara berkesinambungan. Pada tahun 2003, kami membuka Pelayanan Nasabah dan Derek 24 jam untuk daerah Jabodetabek. Sukses dengan pelayanan di Jabodetabek, kami memperluas area layanan derek dengan membuka Layanan Derek di kantor cabang Bandung dan Surabaya.

Kami kembali membuktikan komitmen untuk meningkatkan kepuasan nasabah dengan meluncurkan Raksa Gold Club (RGC) pada tahun 2004. Raksa Gold Club (RGC) adalah pelayanan istimewa yang diperuntukkan bagi pemegang polis asuransi kendaraan bermotor dengan harga pertanggungan di tetapkan minimal USD 70,000.00.

Pada tahun 2005, kami meluncurkan Raksa Emergency Quick Service (REQS) yaitu fasilitas yang diberikan untuk membantu nasabah yang mengalami masalah darurat dalam perjalanan seperti mobil mengalami aki lemah, ban kempes dan lain-lain.

 

Menyusul peluncuran Raksa Gold Club (RGC), kami kembali memberikan bukti keseriusan dalam hal peningkatan pelayanan klaim kepada nasabah dengan dibukanya Raksa Silver Club (RSC), sebagai pelengkap Raksa Gold Club. Kehadiran RSC memberikan warna baru di dunia asuransi yang membedakan kami dengan perusahaan asuransi lainnya. Dengan semboyan pelayanan ”MUCAK" (Mudah, Cepat, Akrab) seluruh nasabah yang berkunjung ke RSC dapat merasakan kenyamanan dan keramah-tamahan pelayanan kami.

Sebagai kelanjutan dari usaha meningkatkan pelayanan yang berkesinambungan, dalam meningkatkan mutu pelayanan klaim perusahaan, maka pada Oktober 2010 Raksa Mobile Club (RMC) diluncurkan dengan moto pelayanan “Klaim??.....Semakin mudah dan dekat”. RMC merupakan mobile office dalam bentuk microbus khusus untuk melayani nasabah yang akan melakukan klaim kendaraan bermotor.

Kehadiran RMC akan lebih memberikan kemudahan bagi para nasabah dalam melakukan klaim. Dengan didukung oleh staf – staf yang terlatih, seluruh nasabah yang berkunjung ke RMC dapat merasakan kenyamanan, kecepatan, dan keakraban.

Penanganan klaim kami yang mudah, cepat, dan akrab mampu memberikan kepuasan kepada nasabah. Komitmen pembayaran klaim telah kami buktikan dengan tercatatnya pembayaran klaim huru hara Mei 1998 tanpa adanya penundaan dan klaim-klaim lainnya.

Komitmen pelayanan lainnya dibuktikan dengan diraihnya Sertifikat ISO 9002:1994 pada akhir tahun 1998 dan ditingkatkan menjadi ISO 9001:2015 pada bulan Juli 2018.

Asuransi Raksa Pratikara merupakan asuransi rekanan di beberapa bank di Indonesia baik bank pemerintah maupun bank swasta nasional seperti Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Central Asia, Bank CIMB Niaga, Bank Index Selindo, Bank DBS Indonesia dan lain-lain.

Selain bank pemerintah dan swasta nasional, kami juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa bank asing terkemuka di antaranya adalah Citibank, Standard Chartered Bank, The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited (HSBC), Deutsche Bank, BNP Paribas, China Construction Bank Indonesia dan lain-lain.

Sejalan dengan hal tersebut, kami mengembangkan jaringan kerjasama dengan beberapa perusahaan sewa guna usaha seperti BCA Finance, Orix Indonesia Finance, Buana Finance, BFI Finance, SAN Finance, Tifa Finance, Mitsui Leasing Capital Indonesia, BRI Multifinance Indonesia, Dipo Star Finance, Oto Multiartha, Mizuho Balimor Finance, U Finance, CIMB Niaga Auto Finance, Adira Dinamika Multi Finance, Mega Auto Finance, Mandiri Tunas Finance, Topas Multi Finance, SMFL Leasing Indonesia, Aditama Finance,Verena Multi Finance, Itochu Auto Multifinance (IAF), CSUL Finance, Hitachi Capital Finance Indonesia, Maybank Indonesia Finance, Mitsubishi UFJ Lease & Finance Indonesia, Indomobil Finance, Mitra Pinasthika Mustika (MPM), CAT Finance, Batavia Prosperindo Finance, Hexa Finance Indonesia, Clipan Finance.

PELAYANAN & PERKEMBANGAN

PROFESIONALISME DAN PELATIHAN

Asuransi Raksa Pratikara sangat memperhatikan kemampuan sumber daya manusia dengan memberikan pelatihan internal dan eksternal yang komprehensif bagi seluruh staf. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan jasa layanan yang profesional kepada nasabah sekaligus memperkuat posisi kami dalam industri asuransi di Indonesia.

Pelatihan internal kami telah menghasilkan sejumlah tenaga profesional dalam bidang asuransi. Kami secara teratur mengirimkan staf kami untuk mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh Chartered Insurance Institute (CII) yang berbasis di London, Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), dan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Kami telah menghasilkan sejumlah lulusan Ajun Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAAI-K), Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAI-K) dan Associate of the Chartered Insurance Institute (ACII).

Kami sangat bangga pada budaya Perusahaan yang tidak pernah merekrut staf dari pasar atau perusahaan yang bergerak di bidang industri asuransi lainnya, melainkan kami senantiasa merekrut dan mendidik staf yang baru lulus dari sekolah dan universitas. Sejak perusahaan didirikan, seluruh staf diseleksi, dilatih dan dibina dengan program pelatihan yang bermutu dan profesional. Program pelatihan pembinaan karier tersebut diprakarsai dan dikoordinir oleh Roger Yeh yang juga merupakan salah satu pendiri Asuransi Raksa Pratikara. Beliau adalah penyandang gelar pertama di Indonesia untuk Associate of the Chartered Insurance Institute (ACII) tahun 1981 dan Fellow of the Chartered Insurance Institute (FCII) tahun 1986.

Manajemen Perusahaan telah mengambil keputusan bahwa budaya yang mulia ini tidak hanya akan dipertahankan, melainkan akan juga dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang lebih profesional.

PROFESIONALISME DAN PELATIHAN

LAPORAN KEUANGAN

TATA KELOLA PERUSAHAAN

Tata kelola perusahaan

Pedoman Tata Kelola

READ MORE

Code Of Conduct

READ MORE

DEWAN KOMISARIS

Sudarmin, MM, AAAI-K

Komisaris Independen

S. Indrijarso Soemarjo Ph.D

Komisaris Utama

Peterson Joe Handjaja, MBA, Dip. CII

Komisaris Independen


DEWAN DIREKSI

  • Ir. Yuna Prabawangi, AAI-K

    Direktur Utama

  • Edy, M.Ak., AAI-K

    Direktur

  • Robert, S.Kom., Dip CII, AAI-K

    Direktur

  • Junardi Rusly, BSc

    Direktur

  • Sigit Sugito, S.Kom., AAAI-K

    Direktur

  • Gabriel Oktafianus, S.E.,
    AAI-K

    Asisten Direktur

  • Arip Cahyadi, S.E., AAI-K

    Asisten Direktur

  • Fredrik Tambunan, S,Pi.

    Asisten Direktur

  • Martin Kristianto, S.Kom., M.Msi

    Asisten Direktur